Febrina Annisa Dewi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Asal usul nama Indonesia

Asal usul nama Indonesia

Assalamualaikum teman-teman.

Kita sebagai bangsa Indonesia sangar beruntung dapat bertempat tinggal di tempat yang begitu subur dan indah ini, dan dengan begitu banyak bahasa dan budaya yang dimiliki.

Lalu kalian semua tau ngak sih asal usul nama INDONESIA?

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Pada masa lalu sebutan daerah dikawasan Indo-Cina dan Australia sangat beragam. Bangsa Tionghoa biasa menyebut daerah tersebut dengan sebutan Nan-hai (Kep. Laut selatan). Lalu bangsa India menyebutnya dengan Dwipantara (kep. Tanah seberang). Dalam cerita Ramayana menceritakan tentang perjalananya mencari istrinya Shinta yang diculik oleh Rahwana sampai ke pulau yang bernama Swarna Dwipa yang terletak di daerah Dwipantara. Selain itu bangsa Arab juga punya sebutan untuk Indonesia yaitu Jazair Al-jawi (kep.Jawa).

1. Nusantara.

Nama nusantara diberikan oleh pujangga Majapahit, wilayahnya terletak di sekitar khatulistiwa berada antara samudera pacific dan samudera hindia, diantara benua asia dan Australia. Wilayah nusantara terdiri dari ribuan pulau yang tersebar. Dengan politik luar negrinya bersemboyan Mitreja Satata (persahabatan dengan tetangga).

2. Hindia.

Nama hindia diberikan oleh seorang penjelajah asal Portugis bernama Vasco da Gama. Nama hindia diciptakan oleh Hedoratos, seorang ahli sejarah Yunani.

3. Nederlandsch oost indie.

Saat Indonesia dikuasai oleh belanda, mereka mengubah nama menjadi Nederlandsch oost indie (hindia timur belanda).

4. Insulinde.

Diberikan oleh Eduard Douwes Dekker dalam bukunya Max Havelar pada 1860. Nama Insulinde berasal dari kata insula artinya kep. Hindia.

5. The Malay Archipelago.

Dipopulerkan oleh Alfred Russel Wallace seorang penjelajah asal Inggris pada 1869. Malay Archipelago artinya kep. Melayu. Wilayah yang masuk The Malay Archipelago,yakni Singapura, Malaysia, Kep.Indonesia.

6. Indonesia.

Pada tahun 1847 terbit sebuah majalah ilmuan tahunan yang disebut JIAEA yang dikelola oleh James Logan asal Skotlandia dan George Earl sebagai redaksi dimajalah JIAEA. Pada tahun 1850 George Earl menulis artikel tentang One the leading characteristicsof the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations. Earl menegaskan agar kep.Hindia memiliki nama khas.

Earl kemudian mengajukan 2 nama yaitu Indunesia dan Malayunesia. Kata Nesia berasal dri bahasa Yunani Nesos artinya pulau. Saat itu Earl memilih nama Malayunesia. Pada majalah yang sama Logan membuat artikel tentang The ethnology of the Indian Archipelago. Logan nama menyatakan Indian Archipelago sulit dibaca, maka Logan memilih nama Indonesia untuk kep. Hindia.

Pada tahun 1884 Adolf Bastian menerbitkan buku yang berjudul Indonesien oder die inseln des malayischen archipel. Buku ini lah yang mempopulerkan nama Indonesia di Belanda.

Lalu.. siapa sih tokoh Indonesia yang mempopulerkan nama Indonesia?

Yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Saat di buang kebelanda pada 1913 beliau mendirikan Biro Pers Indonesische Persburureau. Pada tahun 1922 atas inisiatif Muhammad Hatta organisasi pelajar dan mahasiswa Indonesia di belanda yang sebelumnya bernama Indishe Vereeniging berubah nama menjadi Indonesische Vereeniging. Kemudian organisasi Hindia Poetra berubah nama menjadi Indonesia Merdeka.

Pada tahun 1934 Dr. Soetomo mendirikan Indonesische Studie Club. Pada 28 oktober 1928 pada rapat pemuda pemudi Indonesia dan pada Sumpah Pemuda dipakai nama Indonesia. Pada 17 Agustus 1945 pada proklamasi kemerdekaan oleeh Sukarno lahirlah Republik Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

bagus! kk hebat bgt!

23 Feb
Balas

Alhamdulillah

23 Feb

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali